FK-THL TBPP KARAWANG

KIRIM CERITA ANDA KE EMAIL KAMI

TERPAFAVORIT

IKLAN BLOG

Total Tayangan Halaman

Kamis, Juli 15, 2010

TERBUKTI SLPTT TINGKATKAN PRODUKTIFITAS PADI


TIRTAJAYA FK-THLTBPP NEWS. Program Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) yang dicanangkan Pemkab Karawang untuk meningkatkan produksi gabah ternyata berhasil. Untuk itu pemkab tahun depan berencana menambah jumlah kelompoktani yang mengikuti SLPTT ini.

Program uji coba yang dicanangkan pemkab untuk meningkatkan produksi beras daerah ternyata berhasil mengantar Karawang menjadi daerah yang swasembada beras. Apang petani di Desa Sumurlaban Kecamatan Tirtajaya setelah mengikuti program SLPTT produksi panennya meningkat, kalau sebelum mengikuti SLPTT produksi panennya 6 ton/hektar kini mencapai 7,3 ton/ha."Bahkan di Dusun Ciwelut panennya mencapai 8 ton," jelas Sekretaris Gapoktan Salman Efendi waktu di temui PELITA ON-LINE.

Sementara itu Petugas POPT Kecamatan Tirtajaya Encep Suryana mengatakan, “ tidak mudah melaksanakan proram SLPTT karena harus menggunakan benih-benih unggul yang bersertifikat, saat penanaman benih muda dengan sistem larikan serta pemupukan dan pengairan yang seimbang. Kebetulan pada MT Gadu ini Kecamatan Tirtajaya mendapatkan benih INFARI 1 dan Jumlah kelompoktani yang mendapatkan ada 20 Kelompok ”.
“ Kami Penyuluh pertanian bersama-sama keliling memberikan penyuluhan dari kelompok ke kelompok secara periodik, dalam satu musim ini kami harus mengadakan pertemuan sebayak 8 (delapan) kali pertemuan di masing-masing kelompok.” Ujar Iyun Rahayu.SP Koordinator PPL kecamatan Tirtajaya Tenaga Penyuluh Pertanian di Kecamatan Tirtajaya berjumlah 6 (enam) Yang masing-masing yaitu : Iyun Rahayu (WKPP Sabajaya, H. Saprudin (WKPP Tambak sumur), Encum Nurhidayat (WKPP Gempolkarya) Dias Sunandar (WKPP Bolang), Idi Junaedi (WKPP Srikamulyan) dan Arif Kurnia (WKPP Medan Karya) serta di tambah dengan Pentugas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Encep Suryana, sedangkan jumlah Desa Binaan berjumlah 11 Desa.

Banyak kendala untuk menjalankan program SLPTT di antaranya, 40 persen petani masih menggunakan benih tak bersertifikat, 70 persen petani belum bisa tanam benih muda, 70 persen petani belum bisa mananam dengan larikan legowa dan belum terlaksananya pupuk berimbang.// E.N

0 komentar:

PENYULUH PERTANIAN KARAWANG

RANGKING