FK-THL TBPP KARAWANG

KIRIM CERITA ANDA KE EMAIL KAMI

TERPAFAVORIT

IKLAN BLOG

Total Tayangan Halaman

Sabtu, September 21, 2019

PENYULUH CIAMPEL ADAKAN PELATIHAN HIDROPONIK PADA MAHASISWA UNSIKA

Arda Eka Permana (THL TBPP Pusat)
Ciampel,   Geliat Penyuluh kecamatan Ciampel bersama Mahasiswa UNSIKA FAPERTA mengadakan Pelatihan serta sosialisasi cara budidaya tanaman dengan system hidroponik, yang diselenggarakan di kawaan KIIC telaga desa Yamaha Karawang, Sabtu (21/09/2019).

Penyuluh THLTBPP Pusat Arda Eka Permana sebagai narasumber pembahasan materi hidroponik terlihat antusias sekali waktu menyampaikan materi. “Kami sangat sedih ketika ada salah seorang anggota Dewan yang terhormat ketika mengeluarkan statement disalah satu media local tentang kinerja kami..” keluhnya waktu kami temui.

Penyuluh merupakan profesi keahlian, kerja kami tentunya tidak mereka fahami, terkadang system edukasi kami memakai pendekatan secara alam, kami bukan pekerja seperti biasanya structural, kadang kami bekerja sampai larut malam berbaur dengan petani, pembisnis (agribisnis) mahasiswa kadang dengan buruh tani.” Ungkapnya.


 Hidroponik merupakan budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan menggunakan arang sekam padi sebagai media tanam atau dapat juga menggunakan Rockwool. Sistem hidroponik yang diajarkan kepada Mahasiswa UNSIKA Karawang Alue Sa adalah Hydroponic Wick System, yaitu merupakan sistem hidroponik yang paling sederhana sekali dan biasanya digunakan oleh kalangan pemula. Hydroponic Wick System ini pun sangat mudah dan juga sangat murah, karena pembuatan sistem hidroponik ini hanya menggunakan berbagai bahan bekas seperti botol minuman yang sudah tidak terpakai sebagai potnya.


Maksud dari kegiatan ini yaitu sebagai upaya untuk mengajarkan mahasiswa agar mereka mengerti cara menanam tanaman hidroponik dan bagaimana pemanfaatan barang bekas sebagai alat untuk menanam tanaman hidroponik. Dengan adanya kegiatan pengajaran ini, diharapkan mereka menjadi lebih memahami dan mampu untuk menanam tanaman hidroponik dalam kehidupan sehari-sehari. (EN)

0 komentar:

PENYULUH PERTANIAN KARAWANG

RANGKING