FK-THL TBPP KARAWANG

KIRIM CERITA ANDA KE EMAIL KAMI

TERPAFAVORIT

IKLAN BLOG

Total Tayangan Halaman

Rabu, Agustus 05, 2009

KUNJUNGAN LAPANGAN PPL DAN THLTBPP KARAWANG KE PT.SANGHYANGSRI


THLTBPP Karawang News, Pagi ini Rabu 06/08/2009, Penulis (THLTBPP) dan rombongan Penyuluh Pertanian Lapangan se-Kabupaten Karawang (khususnya PPL yang mendapat pelatihan FEATI/P3TIP) yang dilaksanakan dari tanggal 30 juli sampai dengan tanggal 12 Agustus 2009. Bertempat di Balai Pengamatan Organisme Penggangu Tanaman Pertanian yang berada di Kecamatan Jatisari.



Kabupaten karawang adalah salah satu Kabupaten yang mendapat Bantuan program tersebut sejak tahun 2008, serta rencananya tahun 2010 juga akan mendapatkan kembali. Dalam hal ini Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Karawang selaku pengemban program, melakukan suatu langkah-langkah konkrit, salah satunya yaitu mempersiapkan tenaga penyuluh (PPL) yang handal dan berwawasan Agribisnis supaya dapat mentransfer ilmu yang di dapatkannya kepada petani yang dibinaanya.

Kabupaten Subang adalah salah satu target daerah yang akan kami kunjungi, kabupaten tetangga sebagai sentra pertanian khususnya tanaman pangan yang terletak di wilayah utara Jawa Barat (Pantura). Sungguh suatu perjalanan yang sangat mengesankan dan sangat membekas dihati, dimana panorama yang mempesona bisa dilihat sepanjang jalan. Luasnya hamparan pesawahan, bersahajanya pelaku tani kentara terlihat. Sungguh suatu anugrah tuhan yang patut kita banggakan.
Segaja, kami (PPL Karawang) mengendarai roda dua untuk menempuh rute perjalanan, agar kami bisa dengan bebas menikmati indahnya panorama kabupaten Subang setiap kilometer yang kami lewati.

PT. Sanghiyangsri Persero tujuan yang hendak kami kunjungi, adalah suatu perusahaan milik Negara yang bergerak di bidang agribisnis, khususnya penyediaan benih padi nasional. Ada berbagai macam Varietas benih yang di produksi, antara lain : Ciherang, Mekongga, Situ bagendit, Sintanur, Muncul cilamaya dan SL-8 (Hibrida).
SL-8 merupakan Varietas unggulan PT.Sanghiangsri, yang sudah beberapa tahun ini di produksi oleh petani Karawang.
Salah satu Program P2BN yang diluncurkan Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono sebagai implementasi dari UU no.16 tahun 2006 tentang revitalisasi Pertanian ( SP3K ).

Banyak yang kami peroleh dari hasil kunjungan kerja ini, selain bisa melihat bagaimana proses pengolahan Benih unggul berkualitas, juga kami dapat melihat proses Penangkaran benih Hibrida SL-8 yang memang sebelumnya tidak kami ketahui.
Kunjungan Kerja Penyuluh dan THLTBPP Karawang di pimpin langsung oleh Ka.UPTD Penyuluhan Dinas Pertanian dan Kehutanan karawang Bp. Yoyo Sutaryo.SPKP.

0 komentar:

PENYULUH PERTANIAN KARAWANG

RANGKING