FK-THL TBPP KARAWANG

KIRIM CERITA ANDA KE EMAIL KAMI

TERPAFAVORIT

IKLAN BLOG

Total Tayangan Halaman

Kamis, November 08, 2012

DINAS JABAR SIAPKAN 1000 HA SAWAH DI KARAWANG


Lahan seluas 1000 hektare (ha) telah dipersiapkan sebagai tempat untuk uji coba program asuransi bagi para petani di Jabar. Lahan tersebut berada di Karawang dan untuk sementara diperuntukan bagi para petani padi. Sebabnya, Karawang memiliki hamparan lahan tanaman padi yang luas dan memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari BUMN yang akan membantu pelaksanaan uji coba tersebut.

Demikian disampaikan, Kepala Bidang Sumber Daya Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Jabar, Wawan Wintarasa kepada “PRLM” di Bandung pada Selasa (6/11). “Pada awalnya uji coba tersebut akan dilakukan di Kecamatan Majalaya, tapi ternyata diubah ke daerah Karawang,” katanya.

Dirinya menjelaskan, asuransi tersebut akan melindungi para petani yang mengalami tingkat kerusakan hingga 75 persen pada tanamannya. “Jadi petani yang tanamannya mengalami kerusakan hingga tingkat tersebut sudah bisa mengajukan klaim. Tidak perlu hingga menunggu puso atau gagal panen,” katanya.

Sementara itu, kerugian akan ditanggung pihak asuransi dalam hal ini PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) bila kerusakan tersebut disebabkan oleh kekeringan, organisme pengganggu tanaman, dan banjir.

Bila terjadi kerusakan, pihak asuransi akan memberikan dana sebesar Rp 6 juta/ ha dan preminya senilai 3 persen setiap bulan atau Rp 180.000. 

0 komentar:

PENYULUH PERTANIAN KARAWANG

RANGKING