FK-THL TBPP KARAWANG

KIRIM CERITA ANDA KE EMAIL KAMI

TERPAFAVORIT

IKLAN BLOG

Total Tayangan Halaman

Kamis, Juli 21, 2011

SEKEDAR MENGINGATKAN

Wakil Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, menegaskan, akan mempertahankan sektor pertanian, karena Karawang sudah terkenal sebagai daerah lumbung padi Jawa Barat dan nasional.

"Kami akan memprioritaskan sektor pertanian sampai lima tahun ke depan, karena Karawang sudah terkenal sebagai daerah lumbung padi," kata Cellica, disela menghadiri kegiatan Sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tingkat Karawang, di Karawang.

Dikatakannya, untuk tetap mempertahankan status Karawang sebagai lumbung padi itu, maka diperlukan komitmen yang kuat dari berbagai pihak terhadap sektor pertanian. Sebab, cukup banyak faktor yang mempengaruhi upaya mempertahankan status Karawang sebagai lumbung padi tersebut.

Menurut dia, bencana banjir, serangan organisme pengganggu tanaman, dan alih fungsi lahan pertanian teknis yang terjadi setiap tahun merupakan diantara faktor yang mengancam upaya mempertahankan Karawang sebagai lumbung padi.

Atas hal tersebut, katanya, diperlukan peran para penyuluh pertanian yang optimal dalam menyampaikan seputar informasi teknologi pertanian.

Kelembagaan tani yang ada, juga diharapkan berperan lebih aktif lagi, sehingga program-program pemerintah akan lebih mudah diterapkan dan dilaksanakan secara efektif.

"Untuk infrastruktur yang mendukung sektor pertanian, Pemkab Karawang berusaha meningkatkan pemeliharaan infrastruktur tersebut," kata dia.

Ketua KTNA Karawang, Endjam Djamsir, mengatakan, diantara permasalahan pada sektor pertanian di Karawang ialah terdapat sekitar 10.000 hektare sawah selalu terkena banjir dan gangguan organisme pengganggu tanaman setiap tahun.

"Karena itu, kami berharap agar "buffer stock" (penyediaan cadangan benih padi) terus dioptimalkan, sehingga pemerintah daerah akan selalu siap jika terjadi banjir pada areal sawah dan serangan organisme pengganggu tanaman," katanya.

Permasalahan lainnya, kata dia, perlu adanya prioritas perbaikan infrastruktur saluran irigasi, baik irigasi sekunder, tertier maupun pintu air. Sebab, kondisi irigasi saat ini kurang berfungsi dengan baik. 



MUDAH MUDAHAN BELIAU MASIH INGAT ATAS JANJI-JANJINYA TENTANG SEKTOR PERTANIAN... ( BERHARAP )

0 komentar:

PENYULUH PERTANIAN KARAWANG

RANGKING